Antaradaily.com, Jakarta: PT Kereta Commuter Indonesia (KCI) mencatat jumlah pengguna KRL meningkat signifikan hingga mencapai 150 ribu orang pada Senin (8/6/2020) pukul 10.00 WIB. Vice President Corporate Communication PT KCI Anne Purba mengatakan peningkatan itu terjadi akibat perkantoran mulai kembali beraktivitas pada hari ini, setelah diberlakukannya status pembatasan sosial berskala besar (PSBB) transisi di DKI Jakarta.

Baca Juga: DKI Jakarta Transisi Menuju “New Normal” Hingga Akhir Juni 2020, PSBB Tetap Berlaku

Selama penerapan PSBB sebelumnya yang berakhir 4 Juni 2020, KCI mencatat hanya sekitar 80 ribu orang yang menggunakan KRL setiap hari.

“Volume pengguna KRL hingga pagi hari ini saja sudah mendekati volume pengguna KRL dalam satu hari di masa PSBB,” kata Anne melalui keterangan tertulis, Senin (8/6/2020).

Anne mengatakan PT KCI hanya melayani 74 penumpang per gerbong kereta atau hanya 50 persen dari kapasitas, untuk mengurangi potensi penularan infeksi Coronavirus (Covid-19) antarpenumpang. Dengan demikian, KCI harus membatasi jumlah penumpang yang masuk stasiun dan KRL agar penumpang di stasiun berikutnya dapat terlayani.

Namun antrean penumpang untuk masuk ke stasiun dan peron terjadi akibat perubahan pola pelayanan ini, salah satunya terjadi di Stasiun Bogor pada jam sibuk. Sebagaimana yang dibagikan di Twitter oleh akun @PringgaSptntri, terlihat antrean mengular panjang. Menurutnya, untuk bisa masuk ke dalam peron stasiun sampai butuh waktu hingga satu jam atau lebih saking banyaknya calon penumpang, namun harus dibatasi waktu masuknya.

“Dari pantauan di sejumlah stasiun, cukup banyak pula pengguna yang baru kembali menggunakan KRL setelah beberapa bulan beraktivitas dari rumah sehingga belum terbiasa dengan protokol kesehatan yang ada,” jelas Anne.

Anne juga menuturkan jarak kedatangan kereta (headway) untuk jalur padat seperti lintas Bogor-Jakarta telah dimaksimalkan menjadi lima menit. Selama PSBB transisi, penumpang diwajibkan menggunakan masker dan pelindung wajah.

Selain itu, mengikuti ketentuan PSBB, PT KCI hanya mengizinkan penumpang lanjut usia (di atas 60 tahun) untuk menggunakan KRL pada pukul 10.00-14.00. Sedangkan untuk balita masih dilarang untuk dibawa naik KRL demi meminimalisir kemungkinan penularan.

KRL merupakan salah satu moda transportasi andalan warga Jabodetabek yang bekerja di DKI Jakarta. Sebelum meluasnya wabah Covid-19, pada 2019 lalu, KRL mengangkut rata-rata hampir 1,2 juta penumpang per hari.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here