Antaradaily.com, Inggris: Para ilmuwan di Universitas Oxford, Inggris, mengklaim punya bukti bahwa dexamethasone, obat murah dan tersedia secara luas di masyarakat mampu mengurangi risiko kematian pasien dengan gejala pneumonia berat.

Pengamatan itu didasarkan pada uji klinis RECOVERY (Terapi Acak Evaluasi Covid-19) pada Maret 2020, untuk menguji obat potensial terhadap Covid-19, termasuk pengobatan steroid dengan dexamethasone dosis rendah. Lebih dari 11.500 pasien telah terdaftar di lebih dari 175 rumah sakit NHS (National Health Service – red) di Inggris.

Pada 8 Juni, dilakukan percobaan terhadap sejumlah pasien terkait efektivitas dexamethasone itu. Terdapat 2.104 pasien yang secara acak diberikan dexamethasone 6 mg sekali sehari (ditelan atau suntikan ke pembuluh darah) selama 10 hari dan dikomparasi dengan 4.321 pasien yang secara acak diberikan perawatan umum.

Ilustrasi perawatan pasien Covid-19 dengan menggunakan dexamethasone (Foto: .financialexpress.com)

Di antara para pasien yang menerima perawatan umum, tingkat kematian yang tertinggi terjadi pada pasien yang membutuhkan ventilator (41 %), tingkat menengah pada pasien yang memerlukan terapi oksigen (25%), dan yang terendah pada pasien yang tidak membutuhkan intervensi pernafasan apa pun sebanyak 13 %.

Sementara dexamethasone mengurangi sepertiga tingkat kematian pada pasien yang menggunakan ventilator dan seperlima pasien yang mendapatkan terapi oksigen saja. Berdasarkan pada hasil uji tersebut, 1 kematian bisa dicegah dengan perawatan pada 8 pasien berventilasi atau sekitar 25 pasien yang membutuhkan terapi oksigen. Atas hasil itu, para peneliti pun bekerja keras untuk mempublikasikan hasil secara detail sesegera mungkin.

Dexamethasone tidak mahal, tersedia di mana-mana dan dapat segera digunakan untuk menyelamatkan nyawa di seluruh dunia,” kata Peter Horby, pemimpin penelitian dari Universitas Oxford dan salah satu Kepala Investigator uji klinis pengobatan Covid-19, sebagaimana dinukil dari ox.ac.uk.

Dexamethasone adalah obat steroid yang biasanya digunakan untuk mengurangi peradangan. Menurut NHS, obat steroid yang biasa disebut kortikosteroid adalah jenis obat anti-inflamasi yang digunakan untuk mengobati berbagai kondisi seperti alergi, asma, eksim, penyakit radang usus dan radang sendi.

Dexamethasone, sebagaimana dinukil dari Healthline, adalah obat resep yang tersedia dalam bentuk tablet oral, obat tetes mata dan obat tetes telinga. Obat ini juga mengurangi peradangan di berbagai bagian tubuh. Digunakan secara khusus untuk mengurangi pembengkakan (edema) terkait dengan tumor tulang belakang dan otak, dan untuk mengobati radang mata.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here